5 Perbedaan antara PPG Pra-Layanan dan PPG Dalam-Layanan

5 Perbedaan antara PPG Pra-Layanan dan PPG Dalam-Layanan

PPG Pra-Layanan dan PPG Dalam-Layanan – PPG atau Program Profesi Guru adalah program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bagi sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik. Baik untuk calon pendidik PAUD, SD, dan SMP. PPG biasanya diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan atau LPTK terakreditasi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Ristek. Perlu diketahui bahwa saat ini PPG terbagi menjadi 2 jenis, yaitu PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan. Namun, apa perbedaan antara kedua jenis tersebut? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran Universitas Terbuka 2023

Perbedaan antara Pra-Layanan PPG dan Dalam-Layanan PPG

Ada beberapa perbedaan antara PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan, antara lain:

Siapapun dapat mengikuti Program PPG Prajabatan

PPG Prajabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan Pendidikan dan Non Kependidikan serta lulusan terapan yang memiliki minat menjadi guru.

Program PPG Dalam Jabatan ditujukan untuk guru

Berbeda dengan PPG Prajabatan, PPG Dalam Jabatan diadakan untuk guru di satuan pendidikan dan telah tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Beban studi

Beban belajar yang akan ditempuh oleh calon pendidik selama mengikuti PPG Prajabatan adalah 36 s/d 40 sks. Sedangkan beban belajar yang akan diterima peserta PPG In-service minimal 24 SKS.

Biaya pendidikan

Ada perbedaan biaya antara program PPG Prajabatan dan PPG Dalamjabatan. Biaya pendidikan prajabatan PPG dilakukan secara mandiri oleh peserta. Pemerintah tidak memberikan subsidi apapun karena program ini ditujukan untuk masyarakat umum. Sedangkan biaya pendidikan PPG In Jabatan dibiayai oleh pemerintah karena LPTK tempat diselenggarakannya PPG telah menerima dana dari APBN atau APBD.

Dapat disimpulkan bahwa program PPG Prajabatan dapat diikuti oleh guru yang belum diangkat atau baru lulus. Sedangkan program PPG Dalam Jabatan hanya dapat diikuti oleh guru yang telah terdaftar di Dapodik.

Itulah sekilas tentang perbedaan Program Profesi Guru Prajabatan dan Prajabatan. Jangan lupa perhatikan hal-hal penting lainnya saat mendaftar program PPG ini. Anda dapat mengakses halaman web sps.upi.edu untuk informasi lebih lanjut tentang program PPG.